SATTVIKA
SHARE :

LIVE SEMINAR MERDEKA MENGAJAR DENGAN HYPNO TEACHING

25
01/2023
LOKASI : Live On Youtube Sattvika Hipno Akademi Sattvika Indonesia

WAKTU : Rabu, 18:32 - 25 Januari 2023
INFO : / +6285728775740


LIVE SEMINAR MERDEKA MENGAJAR DENGAN HYPNO TEACHING
Bagikan ke

LIVE SEMINAR GRATIS

” MENRDEKA MENGAJAR DENGAN HYPNO TEACHING “

Nara Sumber : MUHAMMAD HARUN, S.S. M.Pd., C.H., C.Ht., C.Ht.Prof., C.I.

Jadwal :
Hari : Rabu malam Kamis
Tgl : 25 Januari 2023
Jam : 20.00 WIB s.d 22.00 WIB

Link Live On Youtube : https://youtu.be/F67ob076RmU

Link Live Stremyard Studio : https://streamyard.com/t3ks9he4it

Link Download File Pdf Presentasi : https://sattvikaindonesia.com/memberarea/?hal=download&id=16

Link Regristrasi Gratis Untuk dapat Masuk Memberarea Download Materi : https://sattvikaindonesia.com/?reg=harunhalaqah

PENGANTAR MATERI:

Kurikulum Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim disebut sebagai sebuah pengembangan dan penerapan dari kurikulum darurat yang diluncurkan saat merespons pandemi Covid-19. Kurikulum ini memuat tiga opsi untuk sekolah, yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Sekolah boleh memilih opsi yang sesuai dengan kondisi sekolah.

Menurut Badan Standar Nasional Pendidikan, Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dilakukan supaya para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam Merdeka Belajar adalah kemerdekaan berpikir. Kemerdekaan berpikir menjadi salah satu pondasi dasar dari program Merdeka Belajar. Kemerdekaan berpikir harus dipraktikkan oleh para guru terlebih dahulu, sebelum diajarkan kepada para siswa.

Di samping itu, program Merdeka Belajar juga akan membawa perubahan pada sistem pengajaran yang semula bernuanasa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Nuansa pembelajaran di luar kelas ini diharapkan akan membuat setiap siswa menjadi lebih nyaman karena bisa lebih banyak berdiskusi dan akan membentuk karakter dari para siswa.

Dalam era pendidikan seperti sekarang ini, guru diberi kebebasan dalam mengajar. Artinya guru diberi keleluasaan dalam mengoptimalkan kompetensinya sehingga guru merdeka dalam mengajar, tidak dituntut harus mencapai target yang harus dipenuhi. Dalam arti bahwa sekolah, guru, dan peserta didik mempunyai kebebasan dalam berinovasi dan bertindak dalam proses belajar mengajar. Artinya guru tidak bersifat monoton dan memiliki kebebasan melakukan berbagai variasi pembelajaran. Merdeka mengajar dapat dilakukan dengan memberikan kebebasan dalam menyusun proses pembelajarannya atau lebih dikenal dengan desain instruksional.

Ada beberapa metode dalam penyusunan desain instruksional yang dapat digunakan oleh guru seperti metode GAGNE, ADDIE, KEMP, dan lain-lain tergantung kenyamanan guru dalam menggunakan metodenya. Dengan demikian, guru dapat mengeksplorasi kemampuan mengajarnya dan tidak terpaku pada hal yang terlalu baku yang menyebabkan proses pembelajaran terkesan kaku.

Guru diberi kebebasan dalam proses pengambilan nilai dari siswanya tanpa dibatasi dengan hal yang bersifat administratif, Sehingga dapat menggali potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswanya dengan baiik, membantu mereka maju & berkembang dangan potensi yang mereka miliki. Guru bertindak sebagai fasilitator dan konsultan pada anak didiknya yang mengalami kesulitan sehingga anak didik merdeka dalam belajar dan guru merdeka dalam mengajar

Selain itu penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan menarik juga menjadi hal yang perlu menjadi perhatian bagi guru. Penggunaan teknologi digital juga menjadi hal yang esensial dalam pelaksanaan merdeka belajar. Untuk itu peserta didik harus diantarkan agar selaras dengan perkembangan zaman. Mereka tidak boleh tertinggal dari perkembangan dan kemajuan zaman yang terjadi dengan pesat saat ini

Dalam merdeka mengajar, pelaksanaan pembelajaran tidak selalu harus berada di ruangan kelas. Sesekali guru dapat mengajak peserta didik untuk belajar di luar kelas. Nuansa pembelajaran akan terasa berbeda dan menyenangkan. Pembelajaran dikatakan menyenangkan apabila di dalamnya terdapat suasana rileks, bebas, dari tekanan, aman, menarik, dan bangkitnya minat belajar murid. Serta adanya keterlibatan penuh, perhatian, serta semangat dan kosentrasi tinggi saat belajar. Peserta didik tidak hanya sekadar mendengarkan penjelasan guru, melainkan dilatih keterampilan mereka dalam mengemukan pendapat, membentuk karakter bertanggungjawab, berani, mandiri, serta kemampuan mengasah kompetensi dan sebagainya.

Semoga pendidikan di Indonesia lebih baik dalam menyongsong era generasi emas Indonesia 2045, generasi penerus bangsa yang mempunyai karakter 6 Profil Pelajar Pancasila; beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif. Berperadaban maju & berprikemanusian tinggi. Aamiin

#Kyaijamas

Beranda


wa.me/6285728775740


Bagikan ke
Kirim Pesan Anda
Selamat datang di Sattvika Indonesia Supoort System. Silakan beri tahu apa yang dapat kami bantu untuk Anda

MAU BELAJAR HYROCHI, HIPNOSIS, HIPNOTERAPI, RUQYAH & HEALING ENERGI GRATIS, HANYA DI SATTVIKA INDONESIA

Pingin tahu caranya ?
Untuk informasi awal anda yang luar biasa dapat terhubung dengan kami via chat WA

By. Kyaijamas, Sattvika Indonesia